full screen background image

Yoga Untuk Anak di Anand Krishna Center (AKC) Jakarta

Program Yoga untuk Anak (YOGA FOR CHILDREN) di Yayasan Anand Ashram ini diselenggarakan setiap 2 (dua) minggu sekali.  Tujuan adalah untuk memberikan pengetahuan tentang nilai-nilai kemanusiaan sejak dini kepada anak-anak yang akan menjadi generasi penerus bangsa.

Bapak Anand Krishna, seorang Humanis Spiritual, Pendiri Yayasan Anand Ashram, dan Penulis lebih dari 170 buku sangat peduli dengan pendidikan, khususnya pendidikan anak. Karena pendidikan seharusnya dimaksudkan untuk memunculkan yang terbaik yang ada dalam diri anak, yaitu Kemanusiaan.

 

 

Pengetahuan, Keahlian, Keterampilan yang dikejar selama ini seharusnya menjadi sarana penunjang bagi Kemanusiaan. Untuk membuat mereka Bahagia.

Sehingga saat besar nanti, apapun profesi mereka. Nilai-nilai utama Kemanusiaan itulah yang didahulukan.

Untuk itu, anak-anak diberi pengetahuan (Jnana Yoga) tentang nilai-nilai Kemanusiaan seperti Kejujuran, Tanpa Kekerasan, Cinta, Damai melalui cerita, roleplay sehingga belajar terasa menjadi seperti bermain.

Untuk meningkatkan kesehatan, kejernihan pikiran, dan ketenangan batin agar menjadi lebih fokus dalam belajar, mereka belajar Meditasi (Raja Yoga).

Mereka juga belajar bernyanyi dan bermain musik untuk mengasah kepekaan dan rasa, juga belajar menghormati orang tua dan guru (Bhakti Yoga), serta mengembangkan otak kanan sehingga menjadi kreatif.

Tidak lupa praktek pemberdayaan diri, anak-anak diberi pemahaman dan tanggungjawab untuk membereskan alat-alat belajar, mencuci piring sendiri, bakti sosial, dll (Karma Yoga).

Cara makan dan makananpun diperhatikan dalam Yoga. Karena setiap anak dengan sifat tertentu mempunyai makanan tertentu yang disesuaikan tidak hanya untuk perkembangan fisik, tetapi juga mental, emosional, dan intelijensia mereka.

Seru bukan! Anak-anak selalu minta datang lagi dan datang lagi kepada orang tua karena sangat senang dengan suasana dan lingkungan yang sangat berbeda dari lingkungan yang mereka dapatkan sehari-hari.

Tidak lupa, orang tua juga terlibat dalam kegiatan ini dengan mengikuti latihan meditasi. Karena pendidikan bukan hanya tanggungjawab sekolah atau guru, tetapi orang tua juga harus memahami dan terlibat setelah mereka pulang ke rumah. Latihan-Latihan Meditasi yang diberikan akan membuat pikiran dan perasaan orang tua menjadi jernih dalam memahami persoalan yang dihadapi oleh anak-anak zaman sekarang.

 

Kegiatan ini terinspirasi dari buku Bapak  Anand Krishna “Bringing the Best in the Child – Memunculkan yang Terbaik dalam Diri Anak

 

Info/WA 08788 511 1979