full screen background image

Perayaan 1 September Adalah Perayaan Diri Mengenal Meditasi dan Yoga Serta Spiritualitas di dalam Kehidupan

Setiap tanggal 1 September merupakan hari yang sangat spesial bagi Yayasan Anand Ashram karena merupakan hari ulang tahun Bapak Anand Krishna yang merupakan pendiri dari Yayasan Anand Ashram. Dari pengalaman-pengalaman, Beliau berbagi dengan kita semua tentang Meditasi, Yoga, dan Spiritual.

Untuk itu setiap tanggail 1 September diperingati tidak hanya sebagai peringatan ulang tahun belaka, namun sebagai sebuah perayaan diri dalam mengenal Meditasi dan Yoga seperta Spiritualitas di dalam kehidupan.

Acara ini diselenggarakan di 3 (tiga) centre, yaitu Jakarta, Ubud Bali, dan Jogjakarta. Masing-masing kota tentunya mempunyai ciri khas sendiri dalam merayakan.

Khususnya di Anand Ashram Sunter, Jakarta. Kami memulainya dengan latihan meditasi. Dari situ acara diisi oleh berbagai keceriaan seperti nyanyian dari anak-anak kecil, tarian, sharing dari peserta meditasi dan terakhir dua tamu spesial dengan kostum Hanuman dan Jesus berbagai keceriaan dan kegembiraan dengan kita semua.

Pesan Untuk Memaknai Spiritualitas di dalam Kehidupan

Pada hari yang spesial ini, Bapak Anand Krishna tidak lupa menyampaikan pesan-pesannya kepada kita semua. Pesan yang sangat praktis sekali dan sesuai dengan kebutuhan zaman saat ini.

  1. Kesehatan sangat penting, jaga makanan dan sebaiknya hindari makan daging karena 60% menyumbang pada pemanasan global. Juga di negara Perancis, sekolah-sekolah sudah diminta untuk tidak lagi memberikan makan daging kepada anak-anak sekolah. Selain untuk kesehatan, hal tersebut juga penting untuk menunjang perjalanan Spiritual kita.
  2. Baca buku-buku bermutu minimal 10 halaman per hari. Karena bila kita terlalu banyak menonton tv atau film, imajinasi kita tidak berkembang. Membaca buku akan membuat otak kita berkembang dan sangat kreatif. Bai para peserta meditasi, baca buku-buku karangan Beliau sehingga mendapatkan pemahaman yang benar atas latihan-latihan meditasi yang dilakukan.
  3. Latihan-latihan meditasi setiap hari karena di tengah gunjang ganjing dunia saat ini, hal tersebutlah yang sangat membantu untuk tetap mempertahankan kejernihan pikiran dan kewarasan kita sehingga kita bisa tetap tenang dan kemudian menemukan solusi atas apapun masalah yang sedang dihadapi.
  4. Menjaga pergaulan yang menunjang peningkatan kesadaran, tanpa itu kita akan mudah sekali terseret oleh arus ketidaksadaran. Meditasi bertahun-tahun akan hilang percuma tanpa bekas bila kita tidak menjaga pergaulan kita.
  5. Tingkatkan kepedulian terhadap sesama tanpa saling membedakan agama, suku, dan latar belakang. Layani semua umat manusia tanpa pilih kasih. Ini juga demi kepentingan diri sendiri, kita akan menjadi lebih bahagia, bahagia yang terpancar dari dalam diri.

Demikianlah pesan-pesan Beliau, semoga kita bisa merenungkan, mempraktekan dan mendapatkan manfaatnya untuk diri kita sendiri dan orang lain.

Anandam (Salam Kebahagiaan, Inner Peace)