full screen background image

Bhakti Sosial

Bapak Anand Krishna selalu mengingatkan kepada kita, para peserta meditasi bahwa Bhakti Sosial yang dilakukan di Yayasan Anand Ashram bukan dalam rangka membantu orang lain, tetapi untuk membantu diri sendiri. Jangan sampai ego bahwa saya membantu menjadi menonjol. Pemikiran seperti ini tidak akan membantu perkembangan jiwa seseorang, malah kita akan menjadi angkuh, serakah dan mementingkan diri sendiri walau dibungkus dengan kegiatan sosial.

Dengan melayani sesama, kita juga melayani Tuhan. Kegiatan melayani sesama harus dilandasi dengan semangat  Berkarya Tanpa Pamrih (Karma Yoga)  , bukan untuk kepentingan pribadi, bukan untuk kepentingan kelompok, tetapi untuk kepentingan sesama makhluk, kepentingan dunia, lebih luas lagi kepentingan semesta. Semangat seperti ini akan membuat kita sehat secara menyeluruh, tidak hanya sehat secara fisik saja, tetapi sehat secara mental, emosional. Dan ini diperlukan untuk perkembangan jiwa kita.

Berikut kutipan dari Buku
Karma Yoga Bagi Orang Modern
“Etos Kerja Transpersonal untuk Zaman Baru
“,
penulis Bapak Anand Krishna

Kau hanyalah dapat mengatur pekerjaanmu,
kau tidak dapat memastikan hasil akhir.
Maka, hendaknya kau tidak menjadikan hasil akhir
sebagai semangat yang mendorongmu untuk berkarya.
Pada saat yang sama, hendaknya kau juga tidak
bermalas-malasan, dan berhenti berkarya.
Bhagavad Gita 2:47

Kegiatan Bhakti Sosial ini dilakukan rutin setiap dua bulan sekali. Siapapun boleh ikutan, tidak hanya para peserta meditasi saja. Yuk coba dan rasakan semangat melayani, berkarkarya tanpa pamri di Anand Ashram!