full screen background image

Waspada Menghadapai Penyebaran Virus Corona

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dan Dilaksanakan demi Keselamatan Bersama

Kita adalah Warga Bumi yang tengah berusaha secara bersama-sama mengatasi Penyebaran Penyakit yang disebabkan Virus Corona atau 2019 Novel Coronavirus atau COVID-19. Selanjutnya, mari mengikuti himbauan pemerintah untuk mengindari keramaian Dan membatasi diri dari kegiatan di luar rumah. Mari kita mulai PENCEGAHANNYA DARI DIRI SENDIRI. Dan ada hal-hal yang bisa kita lakukan Bersama yang dimulai dari Diri Sendiri demi Keselamatan Bersama.

  1. Lakukan latihan Pemberdayaan Diri (Yoga dan Meditasi) di rumah dengan rutin dan disiplin sebagai cara untuk mempertahankan kesehatan dan sistem kekebalan tubuh.
  2. Konsumsi makanan vegetarian.
  3. Sebisa mungkin hindari kontak yang tidak penting dengan orang lain.
  4. Gunakan Salam Nusantara dengan mengatupkan kedua belah tangan di dada ketika menyapa orang lain.
  5. Jaga jarak saat berada di dalam rumah atau saat berada di tempat umum. Jarak minimal 1 meter untuk membantu mengurangi penularan virus ini.
  6. Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik hingga bersih.
  7. Hindari menyentuh wajah, hidung, atau mulut saat tangan dalam keadaan kotor atau belum dicuci.
  8. Hindari kontak langsung atau berdekatan dengan orang sakit.
  9. Membersihkan dan mensterilkan permukaan benda yang sering digunakan.
  10. Tutup hidung dan mulut ketika bersin atau batuk dengan tisu. Kemudian, buanglah tisu dan cuci tangan hingga bersih.
  11. Jangan keluar rumah dalam keadaan sakit, istirahatlah di rumah.
  12. Kenakan masker dan segeralah berobat ke fasilitas kesehatan ketika mengalami penyakit saluran pernapasan.
  13. Usahakan untuk tinggal terpisah dari orang lain untuk sementara waktu. Bila tidak memungkinkan, gunakan kamar tidur dan kamar mandi yang berbeda dengan yang digunakan orang lain.
  14. Bila Anda sakit, larang dan cegah orang lain untuk mengunjungi atau menjenguk Anda sampai Anda benar-benar sembuh.
  15. Hindari berbagai penggunaan alat makan dan minum, alat mandi, serta perlengkapan tidur dengan orang lain.
  16. Terapkan etika batuk dan gunakan tisu untuk menutup mulut dan hidung bila batuk atau bersin, lalu buang tisu ke tempat sampah. Semoga keadaan ini cepat berlalu dan pulih sehingga kita bisa beraktifitas seperti sediakala. Semoga semua mahkluk berbahagia. Amin. Terimakasih.

* Langkah-langkah di atas dikutip dan disarikan dari berbagai sumber, demi kepentingan orang banyak.

KEMBALI KE SALAM TRADISIONAL – SALAM NUSANTARA

KEMBALI KE YOGA – Kebijaksanaan Leluhur

 

SALAM TRADISIONAL / SALAM NUSANTARA

 

VIRUS CORONA

Virus Corona atau 2019 Novel Coronavirus adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

Virus 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayianak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui.

Sumber

Menteri Kesehatan Tetapkan 132 Rumah Sakit Rujukan COVID-19

Jubir Pemerintah untuk Penanggulangan COVID-19, Ahmad Yurianto, telah mengumumkan 8 kasus konfirmasi COVID-19 kemarin. Sehingga total kasus konfirmasi COVID-19 di Indonesia hingga hari ini tercatat 27 kasus. Segala upaya dikerahkan pemerintah untuk melakukan pencegahan dan pengendalian COVID-19 ini di berbagai sektor, salah satunya dengan penerbitan protokol penanganan, dan penyebarluasan media komunikasi, informasi dan edukasi kesehatan terkait COVID-19 ini.

Upaya pengendalian lainnya yang sangat diperlukan adalah penyiapan sarana dan prasarana untuk penatalaksanaan kasus yang dinyatakan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Saat ini penatalaksanaan PDP membutuhkan ruangan isolasi yang memenuhi syarat pengendalian penyakit infeksi. Tentu beberapa rumah sakit di Indonesia mulai berbenah diri menyiapkan segala sesuatunya agar dapat dikatakan layak dan mampu melakukan tata laksana penyakit infeksi emerging tertentu, COVID-19 khususnya.

Sumber: https://covid19.kemkes.go.id/situasi-infeksi-emerging/info-corona-virus/menteri-kesehatan-tetapkan-132-rumah-sakit-rujukan-covid-19/#.Xm2ztagzbIU