fbpx full screen background image
Search
Wednesday 26 February 2020
  • :
  • :

Simposium Nasional yoga dan Meditasi Universitas Trisakti

” Yoga adalah gaya hidup , dan Meditasi bukan hanya duduk diam, namun hidup secara dinamis menghadapi segala tantangan kehidupan dengan tetap mempertahankan ketenangan diri.”

Anand Krishna

 

 

 

Dalam rangka memperingati 30 tahun berdirinya, Yayasan Anand Ashram mengadakan Simposium Nasional : YOGA dan MEDITASI adalah Terapi Komplementer Warisan Budaya untuk Kesehatan Holistik. pada hari Selasa (14/01/2020 )di Auditorium Gedung D Universitas Trisakti.

Acara ini terselenggara dengan bekerjasama dengan Lembaga Budaya Universitas Trisakti.

Ada 4 pembicara yang tampil dalam simposium ini yaitu :

  1. Ir., Agus Guntoro, M.Si.,  Ph.d. Direktur Lembaga Budaya Universitas Trisakti
  2. dr. Danny Wiradharma SH, Ms, Dosen Fakultas Kedokteran Trisakti
  3. Ma Archana, Yogic lifestyle conselor
  4. Anand Krishna, Humanis Spiritual

Acara Simposium Nasional dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan sebuah tarian dan lagu yang menggambarkan tentang Peradaban Besar Sindhu Saraswati dimana Yoga dan Meditasi lahir dari kandungannya. Peradaban yang tua ini membentang dari dataran Afganistan sampai perbatasan Australia dimana Nusantara menjadi bagian didalamnya.

Di dalam paparannya, sebagai pembicara pertama dr. Danny Wiradharma menjelaskan bagaimana medis dan Meditasi bisa saling melengkapi. Meditasi dapat mempengaruhi kemampuan otak bekerja. Meditasi juga bisa mempengaruhi sistem dalam tubuh manusia, membawa dalam keselarasan.

Hal tersebut telah diuji coba kepada mahasiswa Trisakti dengan melakukan AIM Yoga selama 21 hari. Setelah dites ulang memori jangka pendeknya, maka ada peningkatan yang signifikan pada para mahasiswi.

Meditasi dapat mempengaruhi lima lapisan kesadaran manusia. Meditasi atau Yoga dalam arti sesungguhnya adalah identik, yaitu gaya hidup yang melampaui mind/gugusan pikiran dan perasaan.

Sedangkan Agus  Guntoro lebih menjelaskan tentang bagaimana gugusan otak manusia  yang kacau bisa mempengaruhi perilaku sehari-hari, pikiran yang kacau membuat seseorang tidak bisa berbuat yang tepat.

Pikiran yang tidak jernih bisa dilihat dari sikap yang diperlihatkan dalam pergaulan sehari-harinya. Apalagi jika otak sering berada dalam gelombang gamma , yang bisa memicu hormon kortisol dan adrenalin  yang membuat seseorang menjadi mudah tersulut emosinya. Mental dan emosional yang labil inilah yang seringkali membuat orang jauh dari beradab, tidak berbudaya.

Ma Archana (  Maya Safira Muchtar) lebih menjelaskan bagaimana Yoga  bisa mempengaruhi sistem dalam tubuh menjadi selaras. Beliau mengutip sebuah lontar dari peradaban Nusantara, Dvipantara Dharma Sastra, yang menjelaskan tentang Yoga yang memiliki spesifikasi berbeda dengan yang berasal dari India.

Bahwa kita sendiri mewarisi ajaran Yoga yang sesuai dengan tipikal manusia Nusantara. Dan hal tersebut tidak bisa dipisahkan dalam soal Yama dan Niyama ( Pedoman perilaku dan nilai-nilai yang memuliakan manusia ).

Sedangkan Anand Krishna dalam paparannya menjelaskan tentang pengalaman pribadi beliau terkait dengan penyakit dan Meditasi yang membuatnya menjadi sembuh dari penyakit Leukemia dan masih terus berkarya sampai sekarang. Pertemuan yang misterius dengan seorang Lamma di biara Himis telah merubah cara pandangnya Beliau terhadap hidup ini.

Di sinilah juga Beliau menemukan prasasti tentang Dharmakirti Svarnadvipi. Seorang Guru Besar yang berasal dari Svarnadwipa (Sumatera) . Guru Besar yang mengajarkan teknik meditasi Tonglen. Dimana kita menarik segala hal negatif dari lingkungan kita, diolah di jantung dan diubah menjadi kebaikan, kedamaian, dan cinta kasih.

Sebagai penutup, Beliau menyanyikan sebuah lagu sederhana dengan lirik lagu yang sangat bermakna:

” Cintailah semua mahluk di dunia

Sayangilah seluruh umat manusia

Jangan menyakiti hati siapa saja

Jangan kau menghina diri siapa saja

Itulah inti sari ajaran agama.”

 

Dalam kesempatan ini juga diserahkan plakat penghargaan Global Harmony Award, sebagai bentuk penghargaan kepada setiap pribadi yang telah berperan aktif dalam kiprahnya menjaga dan merawat kebersamaan dan kedamaian dalam dunia ini. Penghargaan ini diberikan kepada Romo Frans Magnis Suseno dan (Almarhum) HS Dilon, yang dalam kesempatan ini diterima oleh istri beliau, Ibu Drupadi Dilon.

Dalam sepatah dua patah katanya, Romo Magnis menjelaskan,

“Saya sangat terkejut dan tidak menyangka akan menerima penghargaan ini. Sebuah kehormatan bagi saya dari Anand Krishna. Saya mengajak semua untuk kita saling menghargai dan menghormati. Hanya dengan begitu kita bisa melangkah maju menatap masa depan.”

Selamat atas peringatan 30 tahun Yayasan Anand Ashram (www.anandashram.or.id) yang telah ikut berkiprah dan berkontribusi positif dari 7 centre yang ada baik di Jakarta, Bogor, Bali dan Jogjakarta. Dengan Sayap-sayap kerjanya dalam bidang pendidikan, kesehatan, bakti sosial maupun pemberdayaan diri.

Semoga terus berkembang untuk bisa mewujudkan visi besar One Earth , One Sky and One Humankind dalam lingkup yang lebih luas.

 

5 Manfaat Yoga Belum Kamu Ketahui

  1. Menunda Penuaan

Berlatih yoga secara rutin bisa membantu menjaga sistem sirkulasi hormon, pencernaan, dan getah bening agar berfungsi secara sempurna.

Nah, dengan terjaganya kesehatan dalam tubuh maka pastinya terpancar juga aura cantik dari dalam diri kita.

  1. Menumbuhkan Rasa Cinta Pada Diri Sendiri

Saat kamu berada di matras yoga, itulah kesempatanmu untuk terhubung dan belajar untuk mencintai diri sendiri.

Meluangkan waktu untuk datang dan belajar di sebuah kelas yoga merupakan cara yang luar biasa untuk fokus pada kebutuhan dan perawatan diri.

  1. Membantu Toleransi Rasa Sakit

Sering sakit-sakit badan? Pastinya gak enak banget, kan? Bisa-bisa rasa sakit ini bisa mempengaruhi pola pikir dan kualitas hidupmu.

Nah, yoga akan membantumu untuk bergerak secara lembut dan perlahan agar kamu pupn mengerti apa arti sebenarnya dari rasa sakit yang dialami.

  1. Tidur Lebih Baik

Suka susah tidur? Jika kamu melakukan gerakan-gerakan yoga sebelum tidur, kamu akan membantu sistem syarafmu untuk menjadi lebih tenang dan mempersiapkan pikiran dan tubuhmu untuk tidur.

  1. Membantu Temukan Tujuan

Saat kamu berlatih yoga, terkadang kamu bisa merasakan pikiranmu terbuka. Kamu bisa saja menemukan jalan keluar dari permasalahan yang sedang kamu hadapi, sebuah ide untuk projek yang sedang kamu kerjakan, atau bahkan tujuan hidupmu. Tidak ada yang tidak mungkin, HappyFresher.

 

 

5 Manfaat Meditasi Yang Wajib Kamu Ketahui

  1. Meditasi punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh

Secara fisik, meditasi bisa membantu kita mengurangi stress, menurunkan tekanan darah, menguatkan sistem imunitas tubuh, membantu mengurangi rasa sakit, dan mempersehat jantung kita.

  1. Meditasi baik bagi kesehatan emosi

Dengan meditasi, kamu dapat merasakan keseimbangan secara emosi. Selain itu, meditasi pun bisa membuatmu merasa lebih bahagia dan senantiasa mempunyai pola pikir yang positif.

  1. Meditasi bermanfaat bagi ketahanan mental dan pikiran

Kamu bisa berpikir lebih kreatif, berkonsentrasi lebih baik, dan menjadi lebih produktif dalam bekerja dengan bermeditasi secara rutin.

  1. Meditasi bisa membuat kamu lebih bersyukur

Tak hanya baik untuk kesehatan fisik, meditasi pun bisa membuat kamu lebih menghayati kehidupan yang kamu jalani. Dalam keseharian yang sibuk, kamu bisa lebih memaknai hidup dan lingkungan sekitar dengan meditasi.

  1. Meditasi membuat kamu terhubung

Dengan konsentrasi dan pernapasan yang teratur, kamu bisa merasakan hubungan antara kamu dan semua orang serta seluruh alam yang berada dalam kehidupanmu.

 

Sumber: lembagabudaya.trisakti.ac.id