full screen background image
Search
Saturday 25 November 2017
  • :
  • :

Meditasi sebagai Gaya Hidup

Meditasi tidak hanya duduk diam saja dengan kaki bersila selama berjam-jam. Apalagi ditambah dengan membaca mantra. Semakin lama bisa mempertahankan postur tersebut, maka sang meditator akan semakin hebat, bahkan sering disebut sakti.

Apakah benar demikian?

Ternyata menurut pengalaman pribadi Bapak Anand Krishna (Pendiri dari Yayasan Anand Ashram) tidak seperti itu.

Meditasi harus diaplikasikan dalam hidup sehari-hari. Tidak hanya diri sendiri yang merasakan manfaatnya, tetapi orang terdekat, lingkungan, bahkan sampai masyarakat dunia juga dapat merasakan efek dari meditasi yang kita lakukan.

Meditasi harus menjadi Gaya Hidup. Gaya Hidup Meditatif harus terjadi selama 24 Jam (Setiap Saat). Inilah hidup bekesadaran, inilah yang selalu dibicarakan oleh Bapak Anand Krishna dan Beliau adalah orang pertama di Indonesia yang mensosialisasikan hal tersebut.

Seperti apa langkah-langkahnya?

Bapak Anand Krishna membuat semacam rumusan atau tahapan yang dimulai dari Inner Peace (Kedamaian dalam diri), Communal Love (Melayani Sesama/Masyarakat), Global Harmony (Perdamaian Dunia).

Inner Peace (Kedamaian dalam diri)

banner-weekend-meditation

Sebelum kita sampai pada gaya hidup meditatif 24 jam tersebut. Mari kita mulai dengan meditasi dalam bentuk latihan-latihan untuk menemukan kedamaian diri.

Percuma kita membicarakan perdamaian dunia, kesejahteraan umat manusia tetapi bila dalam diri kita sendiri belum damai. Seminar, workshop, talkshow yang dilakukan tidak mungkin menghasilkan solusi yang tepat. Ini dikarenakan kita memiliki begitu banyak kegelisahan, kecemasan, ketakutan dalam diri sehingga masing-masing ingin menyelamatkan kepentingannya.

Juga percuma kita memiliki harta yang berlimpah, kekuasaan tertinggi, keluarga yang mencintai kita, pekerjaan yang bagus, ilmu yang banyak, gelar yang panjang, kesehatan juga tidak terganggu… tetapi… di dalam diri kita masih ada kegelisahan, masih ada sesuatu yang kosong, dan kita terus mencari, mencari, dan mencari di luar diri.

Jiwa kita kosong, kebahagiaan kita semu, pencapain kita tidak mempunyai makna bila tidak disertai dengan kedamaian yang didapat dari dalam diri (Inner Peace).

Bagaimana menemukan atau mengakses kedamaian, kebahagiaan sejati dalam diri?

  1. Latihan-Latihan Meditasi yang dirancang dari pengalaman pribadi Bapak Anand Krishna lolos dari kematian bertujuan untuk hal tersebut sehingga Kedamaian dalam diri muncul (bukan dari luar). Inilah yang menjadikan meditasi di Anand Ashram sangat unik karena berdasarkan pengalaman pribadi dan sudah teruji, jadi bukan hanya teori.
  2. Bagi yang sulit dalam melakukan latihan-latihan Meditasi, ada sebuah teknik khusus yang dirancang oleh Bapak Anand Krishna untuk para pemula yang sulit fokus dan mengalami trauma yang sungguh luar biasa. Teknik ini dinamakan Katarsis. dimana semua sampah-sampah emosi dan pikiran yang selama ini membebani jiwa dikeluarkan terlebih dahulu untuk kemudian memasuki alam meditasi.
  3. Lebih dari 170 buah buku ditulis oleh Bapak Anand Krishna untuk para peserta sehingga mempunyai pemahaman yang jelas tentang meditasi dan pemberdayaan diri. Dan lagi-lagi buku-buku tersebut adalah juga berdasarkan pengalaman pribadi Beliau dan kesadaran Beliau yang terus berkembang. Ini juga yang menjadikan pengalaman meditasi di Anand Ashram sangat unik.
  4. Diskusi dengan para peserta, bahkan dengan Bapak Anand Krishna sendiri. Di sini kita berbagi pengalaman, karena setiap pengalaman peserta sangat unik sehingga kita bisa memperkaya wawasan untuk membuat kita terus maju dan berkembang (tidak berhenti).

Dari berbagai solusi tersebut, kita akan menjadi ceria (Be Joyfull), menjadi damai, menjadi tenang, menjadi sabar dan siap menghadapi tantangan hidup seberat apapun dengan pandangan baru.

Communal Love (Melayani Sesama/Masyarakat)

Tidak selesai sampai pada latihan meditasi dan membaca buku. Setelah kita ceria (Be Joyfull), kita harus berbagi dan melayani sesama/masyarakat tanpa pandang bulu, tanpa membedakan agamanya apa, sukunya apa, pendidikannya apa. Di sini kita berbagi keceriaan (Share your joy with others) dengan sesama.

communal-love-sample

Salah satu kegiatan Bakti Sosial ke anak-anak Jalanan

Inilah yang menjadi Moto Yayasan Anand Ashram yang didirikan oleh Bapak Anand Krishna, yaitu Be Joyfull and Share Your Joy with Others (Jadilah Ceria dan Berbagilah Keceriaanmu dengan Sesama).

Ini masih bagian dari Meditasi sebagai Gaya Hidup dan tidak bisa dipisahkan dengan latihan meditasi atau membaca buku. Harus satu paket bila kita ingin benar-benar merasakan Ananda (Kebahagiaan Sejati yang ada di dalam diri, Kebahagiaan yang tidak mengalami pasang surut). Harus satu paket bila kita ingin menemukan Jati Diri kita sebenarnya, untuk apa saya hidup di dunia ini. Jangan berhenti pada latihan dan membaca buku. Lanjutkan dengan melayani sesama.

Seperti apa kegiatannya ?

  1. Anand Ashram dua bulan sekali mengadakan Bhakti Sosial memberikan berbagai pelatihan meditasi, yoga, memberikan makanan atau sesuatu yang dibutuhkan. Bhakti sosial yang dilakukan ke berbagai panti sosial seperti mereka yang terkena korban kekerasan, trauma, orang tua, anak yang menderita penyakit kronis, para napi di penjara.
  2. Anand Ashram juga dua minggu sekali mengadakan terapi penyembuhan gratis dengan Neo Zen Reiki di keramaian seperti Car Freeday di Jakarta, Yogyakarta, Bali, dan daerah sekitarnya.
  3. Dan berbagai kegiatan sosial lain seperti pendidikan gizi untuk anak-anak, memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat, memberikan pelatihan meditasi untuk mereka yang terkena musibah atau trauma karena bencana alam, dll.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, seperti kata Bapak Anand Krishna, bukan untuk mereka yang kita layani, tetapi manfaatnya untuk diri sendiri. Jangan sampai kita menjadi sombong atau ego kita semakin tinggi karena berpikiran kita telah melayani mereka. Justru mereka memberi kesempatan kepada kita untuk melayani. Di sinilah terjadi pengikisan ego.

Bila meditasi membuat ego kita tambah besar, maka tidak akan ada kebahagiaan dalam diri. Kita hanya memuaskan ego, kebahagiaan yang didapat juga kebahagiaan sesaaat dan kegelisahan, ketakutan masih menyelimuti pikiran dan perasaan kita. Jadi layani sesama, layani sebanyak mungkin orang sesuai dengan kemampuanmu.

Global Harmony (Perdamaian Dunia)

Dari lingkungan terdekat, perluas kesadaranmu, perluas pelayananmu pada perdamaian dunia. Kalau tidak, Anda akan terjebak pada ego kelompok. Kelompok saya yang paling benar, kepercayaan saya yang paling benar. Di sini kita akan menemukan banyak perbedaan dari sisi budaya, pemikiran, dan kepercayaan. Kita harus punya kemampuan untuk mengapresiasi perbedaan tersebut. Dengan demikian kita bisa bergaul dengan siapa saja, kita bisa ramah dengan siapa saja.

Kita tidak akan menjadi bingung lagi, menjadi takut lagi, curiga dengan orang yang berbeda karena kita bisa memahami perbedaan. Seperti semboyan negara kita, Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa, Walaupun semuanya tampak berbeda, tetapi intinya adalah satu. Dan ini juga yang menjadi Visi Yayasan Anand Ashram, yaitu One Earth (Satu Bumi), One Sky (Satu Langit), dan One Humankind (Satu Umat Manusia).

Setelah itu, pandangan kita akan menjadi luas, kita bisa melihat kesatuan dimana-mana walaupun dengan banyak nama dan banyak wujud. Ini yang harus kita sadari setiap saat selama kita masih hidup di dunia ini.

Seperti apa kegiatan Global Harmony di Anand Ashram?

  1. Bapak Anand Krishna membuat berbagai buku dalam bahasa Inggris yang memperkenalkan tentang budaya Nusantara. Bagaimana kita bergaul di dunia internasional tanpa mempelajari jati diri kita, tanpa menemukan siapa diri kita sebenarnya, tanpa bangga akan warisan leluhur kita.
  2. Berbagai seminar dan workshop juga telah diselenggarakan untuk masyarakat internasional. Di sini para peserta meditasi benar-benar merasakan perbedaan dan budaya dari berbagai kepercayaan dari seluruh dunia.
  3. Menghadiri berbagai kegiatan internasional seperti parlemen untuk negara-negara sedunia di Australia, konferensi tentang air di brazil, pemberian patung Buddha untuk Dalai Lama, dsb.

Inilah peta jalan untuk menuju Kebagiaan Sejati, Kesehatan Holistik, Mengisi Kekosongan Jiwa yang kita coba untuk penuhi selama ini. Tetapi kita salah mencari, kita mencari ke luar diri. Bapak Anand Krishna mengajak kita semua untuk memulai pencarian ke dalam diri dengan tahapan…

Inner Peace > Communal Love > Global Harmony … Peta Jalan untuk Menggapai Kebahagiaan Sejati!

Inilah Meditasi sebagai Gaya Hidup yang harus Anda lakoni dalam keseharian hidup dan sampai sepanjang masa. Hidup Anda akan menjadi lebih bermakna dan akan menjadi berkah bagi semua makhluk hidup.

1

Padepokan Anand Ashram di Ubud, Bali. Di sini banyak sekali masyarakat dunia berkunjung dan berbagi pandangan.




Pin It on Pinterest

Share This
Open
Close