full screen background image

Bhakti Yoga Pre-Event Hari Yoga Sedunia 2018 di Ciawi, Bogor

Bhakti Yoga – Samskriti Sindhu, Pesta Budaya Warga Bumi dalam rangka Pre-Event Hari Yoga Sedunia 28 April 2018 di One Earth Retreat, Ciawi, Bogor.

Samskriti Sindhu adalah Pesta Budaya Warga Bumi yang diadakan secara rutin setiap bulan sekali. Menampilkan berbagai tarian, nyanyian, roleplay, permainan, dan pencerahan dari suatu peradaban besar yang dikenal dengan berbagai sebutan Sindhu, Shin-tu, Hindu, Hindia, Indies, Indo.

Peradaban Sindhu ini pada sekitar 8.000 tahun yang lalu merupakan suatu daratan yang sangat besar, membentang dari sebagian negara modern Iran, Afghanistan, Pakistan, India, Bangladesh, Bhutan, Nepal, Tibet, negara-negara di Asia Tenggara, termasuk kepulauan kita (nusantara) hingga perbatasan Australia.

Kita semua mewarisi akar budaya yang sama, peradaban yang sama, filsafat hidup atau Dharma yang sama yang bersifat Sanatana, Sama, Langgeng, Abadi.

 

 

Jadi istilah Hindu pada saat itu tidak mengacu kepada agama tertentu, tetapi mengacu kepada peradaban besar. Bapak Anand Krishna menggali berbagai bukti dan sejarah sampai 8.000 bahkan 12.000 tahun untuk memahami nilai-nilai luhur dari pendahulu-pendahulu kita. Bahkan sampai dibuatkan buku oleh beliau yang berjudul “Samskriti Sindhu” (Klik https://goo.gl/sJi46i ) yang membahas detil dan lengkap tentang hal ini.

Pesta ini bukan pesta biasa, tetapi sebagai sarana memahami dan kembali pada akar budaya bahwa kita semua berasal dari satu peradaban yang sama., kita adalah warga bumi, kita adalah umat manusia Walaupun kita terlihat berbeda, tetapi esensinya satu, akarnya satu. Sehingga kita mampu menjalani hidup sebagai Warga Bumi yang hidupnya adalah madah indah pelayanan dan pengabdian terhadap bukan saja sesama umat manusia, tetapi sesama makhluk, sesama wujud-wujud kehidupan.

Samskriti Sindhu ini adalah salah satu bagian dari Yoga, yaitu Bhakti Yoga untuk mengekspresikan rasa syukur, merayakan kesatuan dan persatuan sebagai warga bumi tanpa sekat suku, agama, ras, adat, latar pendidikan.

Kita semua tinggal di Satu Bumi, Satu Langit, dan Satu Kemanusiaan – One Earth, One Sky, One Humankind.

 

=====

Info/WA 087888 511 1979