full screen background image

Belajar Menerima dan Bersyukur Lewat Latihan Meditasi Persembahan

“Kecelakaan-kecelakaan yang terjadi dalam kehidupan kita, kegagalan-kegagalan yang kita alami, semuanya itu hanya merupakan cara-cara yang ditempuh oleh Tuhan, untuk meningkatkan kesadaran kita. Keluhan kita hanya membuktikan betapa tidak sadarnya kita. Betapa sudah terbiasanya kita hidup dalam kegelapan” (Anand Krishna)

beryukurMeditasi offering adalah salah satu latihan yang diberikan di dalam paket seni memberdaya diri Neo Sufi Traning yang di racik oleh Anand Krishna, latihan-latihan meditasi untuk mengembangkan kesadaran ini di berikan setiap hari senin di Anand Ashram yang bertempat di Sunter.

Bagi saya latihan meditasi offering adalah sebuah cara untuk menerima diri secara utuh, di dalam latihan ini kita selaku individu diajak untuk melakukan intropeksi ke dalam diri sendiri. Menggali diri sendiri, mengenali diri sendiri. Dan menerima diri sendiri secara utuh.

Hanya setelah kita menerima diri secara utuh barulah kemudian kita bisa bersyukur, mensyukuri segala sesuatu yang diberikan olehNya di dalam kehidupan ini. Hanya diri sendirilah yang mengetahui dan hanya diri sendirilah yang juga dapat menyukurinya.

Melalui latihan sederhana meditasi offering ini, kita diajak untuk menyadari betapa selama ini kita selalu menuntut. Selalu meminta, bahkan jika mau jujur kita sering kali menyalahkan kebijakan Tuhan atas apa yang diberikanNya di dalam kehidupan kita. Latihan ini dapat mengembangkan kesadaran di dalam diri kita bahwa sesungguhnya apa yang telah diberikan olehNya adalah merupakan anugerah terindah di dalam kehidupan yang harus senantiasa di syukuri.

= =

Jakarta, 28 April 2013