full screen background image
Search
Saturday 25 November 2017
  • :
  • :

Yuk Jadi Vegetarian

V-1

Apa itu Vegetarian?

Vegetarian adalah pola makan yang hanya mengkonsumsi bahan nabati (tumbuh-tumbuhan) dan tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup Tk-Vseperti daging dan unggas.

Diantaranya ada yang masih mengkonsumsi susu dan bahan olahan susu seperti keju, mentega dan lainnya, ada juga yang sama sekali tidak mengkonsumsinya.

Demikian juga ada yang masih mengkonsumsi telur, yang memang idealnya tidak dikonsumsi juga.

 

Penelitian menunjukkan bahwa sayur-sayuran organik mengandung DMT (Dimethyltryptamine ) atau yang biasa dikenal luas sebagai "The Spirit Molecule" yang efektif untuk meningkatkan kesadaran seseorang dan juga efektif untuk tujuan pengobatan, sedangkan protein hewani justru menghambat proses tersebut.

Johanes Budiman, Pengusaha, Jakarta.

* Untuk lebih jelas, baca buku “Kearifan Mistisisme” karya Anand Krishna, diterbitkan oleh Pt. Gramedia, 2015

Batik

Mengapa Vegetarian?

Batik-Bawah

Tubuh Sehat

Pola makan vegetarian dapat memperbaiki metabolisme dan mencegah berbagai macam resiko penyakit seperti kanker, jantung, darah tinggi, dan diabetes. Hal ini disebabkan karena diet vegetarian tidak mengkonsumsi lemak hewan dengan kandungan kolesterol tinggi, melainkan mengkonsumsi makanan berserat dengan kandungan anti oxidant yang tinggi.

Menjadi vegetarian juga dapat mengontrol berat badan, menguatkan struktur tulang, dan menambah energi karena makanan yang dikonsumsi mengandung karbohidrat kompleks yang tinggi

Ramah Lingkungan

Dengan menjadi vegetarian, kita dapat membantu mengurangi polusi air yang dihasilkan dari limbah proses peternakan hewan dan menghindari racun-racun dari zat kimia yang berbahaya bagi tubuh yang digunakan dalam proses pengolahan daging ternak.

Selain itu, kita juga dapat menghemat air bersih, karena peternakan hewan membutuhkan air luar biasa banyak untuk pengelolaannya, sementara air bersih semakin langka.

Peduli Sesama

Produksi kedelai, biji-bijian, dan padi-padian dunia dikonsumsi sebagian besar sebagai pakan ternak, sedangkan masih banyak sekali manusia di bumi kita yang menderita kelaparan. Krisis pangan dunia dan kelaparan akan terbantu jika manusia memilih pola makan vegetarian. Kita juga dapat menyelamatkan hewan dari pembantaian.

Dengan kini, kita berkontribusi dalam pelestarian planet bumi dan sumber daya alamnya, dan akan mewarisi planet bumi yang kaya, indah dan aman bagi generasi penerus kita.

Arb“Tidak ada yang lebih bermanfaat bagi kesehatan manusia dan meningkatkan kesempatan bertahan hidup di Bumi selain evolusi menuju pola makan nabati”.

Albert Einstein

Ahli fisika Jerman, pemenang penghargaan Nobel

 

LISA“Sudah tidak perlu ditanyakan lagi bahwa kontributor utama perubahan iklim adalah produksi hewan ternak. Cara tercepat untuk membuat perubahan nyata adalah segera mengadopsi pola makan vegan.”

Lisa Bloom

Analis hukum CNN/CBS tv

Bill“Saya menjalani pola makan nabati. Saya mengkonsumsi kacang-kacangan, polong-polongan, sayur-mayur, buah-buahan. Semuanya telah mengubah seluruh metabolisme saya dan mengurangi berat badan saya sebanyak 12 kg dan saya kembali ke berat badan saya saat di SMA.”

Bill Clinton

Presiden Amerika Serikat ke 42

DZ“Saat ini kita mampu memproduksi makanan vegetarian yang cukup untuk memberi makan seluruh manusia di dunia. Kita tidak perlu membunuh hewan.”

Janez Drnovšek

Presiden Slovenia ke 2

AlS“Saya pikir itu sangat indah dan menakjubkan bahwa makanan yang menyembuhkan kita, memberikan kita nutrisi, memberikan kita yang terbaik. Juga merupakan makanan yang sama yang menyembuhkan Bumi ini, dan juga ramah bagi makhluk hidup lainnya.”

Alicia Silverstone

Aktris Hollywood

PL

Pola makan Vegetarian yang sehat

Piramida Pola Makan Vegetarian di atas menyarankan jenis-jenis makanan dan frekuensi konsumsi yang sesuai bagi kesehatan tubuh.

 


Sumber: www.vegetariannutrition.org/food-pyramid.pdf

Pin It on Pinterest

Share This
Open
Close