full screen background image

Samskriti Sindhu, Malam Perayaan Budaya

Berkumpul Bersama Merayakan Perbedaan sebagai Satu Keluarga Umat Manusia

“Dengan segala perbedaan yang ada di antara kita, kita semua adalah Satu Keluarga Dunia.
Kita berbagi bumi yang sama, langit yang sama, dan kita adalah satu umat manusia.
Mari kita merayakan Satu Keutuhan ini, Kesatuan ini!”

Budaya Kita – Budaya Umat Manusia – adalah satu dan sama.
Mari rayakan untuk mengingat akan
akar budaya kita yang sama,
ini adalah doa saya yang terus menerus…”

Anand Krishna

Apapun agama-mu, suku-mu, ras-mu, adat-mu, latar belakang-mu apapun diri-mu, kita adalah satu keluarga umat manusia. Semua berkumpul untuk merayakan perbedaan dengan tarian, nyanyian, diskusi, roleplay, dan berbagai pentas seni lainnya.

Biaya Rp. 35.000,- untuk konsumsi

Jadwal 1 -2 Bulan Sekali di

Peradaban atau Budaya Sindhu (Samskriti Sindhu)

Sindhu adalah suatu nama peradaban (Sindhu Valley atau Sindhu Civillization) dan juga adalah nama sungai di Propinsi Sindh, Pakistan, yaitu Sungai Sindhu.

Sindhu dalam bahasa Sankrit berarti Laut karena sungat tersebut pada masa lalu sangat besar dan lebar sekali. Dahulu kala, puluhan ribu tahun yang lalu, Sungai Sindhu mengaliri wilayah dari Tibet, Himalaya sampai ke Karachi (Pakistan). Jadi termasuk di antaranya wilayah Nusantara.

Sekitar 7 atau 8 ribu tahun yang lalu, banyak sekali para pedagang datang ke sana untuk berdagang. Kebanyakan dari mereka menyebut daerah tersebut adalah Hindustan.

Tetapi oleh sejarawan dari Arab, karena mereka kurang fasih menyebut istilah Sindhu dengan tepat, maka mereka menyebutnya sebagai Hindu. Jadi Hindu pada awalnya sebenarnya bukan agama, tetapi berasal dari kata Sindhu, suatu peradaban yang sampai saat ini reruntuhannya masih ada di Pakistan dan disebut Mohenjo-daro.

Kemudian para pedagang dari negeri Cina menyebutnya Sinthu, dari negeri Barat  menyebutnya Indus, Indies, India, Indo. Jadi kata-kata tersebut semua berasal dari satu kata, yaitu Sindhu.

Dan saat ini, peradaban Sindhu sudah menjadi reruntuhan yang bisa dilihat di Pakistan. Walaupun begitu, pengaruhnya masih ada, kita bisa melihat sendiri di Indonesia apakah itu dari Jawa, Sunda, Aceh, Minang dan daerah-daerah lain memiliki akar budaya yang mirip sekali, seperti tata cara dan pakaian dalam perkawinan dan sebagainya. Jadi kalau ada kemiripan, bukan berarti kita mengimpor dari India atau Pakistan. Memang kita semua berasal dari peradaban yang sama.

Samskriti Sindhu bertujuan untuk mengingatkan bahwa kita semua berasal dari satu peradaban yang sama. Walaupun kita terlihat berbeda, tetapi esensinya satu, akarnya satu.

Dalam acara Samskriti Sindhu ini benar-benar merupakan suatu perayaan, tidak ada unsur ritual, jadi siapapun dari agama apapun atau kepercayaan apapun dapat hadir.Ditambah dengan tempat yang masih dekat sekali dengan alam, hawa yang segar dan sejuk di One Earth Retreat Centre, Ciawi, Bogor akan menambah kehangatan dan kemesraan dalam satu kebersamaan yang indah sekali.

Silahkan Datang!